Tips Memotret Hewan di Kebun Binatang

Apakah sobat pernah merasa kesulitan mengambil foto hewan di kebun binatang? Jangan khawatir, ada tips memotret hewan di kebun binatang yang bisa sobat lakukan dengan mudah dan benar. Tips ini dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan hasil bidikan foto yang berkualitas dan sesuai keinginan mengingat memotret hewan memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Lalu, bagaimana sih cara memotret hewan di kebun binatang dengan benar itu?

Tips Memotret Hewan Di Kebun Binatang

Dalam mencoba tips memotret hewan di kebun binatang ini memang membutuhkan tingkat konsentrasi yang cukup tinggi. Bahkan, gerak hewan yang tak menentu pun terkadang menjadi kendala yang membuat kita kesulitan untuk mendapatkan titik fokus. Maka dari itu, simak saja ulasan mengenai beberapa tips memotret hewan di kebun binatang yang tersaji di bawah ini.

Nah, buat sobat yang ingin tahu tips memotret hewan di kebun binatang, simak saja langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Hal pertama dalam tips memotret hewan di kebun binatang yakni dengan menyederhanakan komposisi. Di mana, dalam hal ini manfaatkan pengaturan aperture yang lebar atau mode portrait untuk menghindari latar belakang yang dirasa mengganggu.
  2. Kemudian, jika memungkinkan, sobat bisa menghindari bar kandang atau pagar kawat. Fokuskan titik lensa melalui celah pagar sehingga sobat bisa memotret tanpa tertutup oleh pagarnya. Langkah ini termasuk salah satu trik yang cukup efisien dalam mendapatkan foto yang lebih fokus dan sempurna.
  3. Selain itu, kawan-kawan juga bisa menggunakan zoom atau lensa tele untuk mengisi frame agar lebih fokus pada obyek foto hewan yang akan diambil gambarnya.
  4. Di lain sisi, tips memotret hewan di kebun binatang yang bisa kawan coba yaitu dengan mengambil foto dari hewan yang bergerak. Dalam kondisi seperti ini, atur setelan pada ISO di auto ISO, gunakan continous mode (burst) dan set shutter speed yang cukup tinggi dengan ukuran di atas 2 kali panjang fokal serta atur aperture selebar-lebarnya agar foto yang dihasilkan lebih tampak tajam.

Selain dari beberapa tips memotret hewan di kebun binatang yang telah diuraikan di atas, teman-teman juga bisa dengan memanfaatkan sudut pandang pemotretan yang bisa disesuaikan dengan selera. Namun, hal yang perlu dicatat yakni selalu fokus pada keseluruhan aspek pada obyek hewan yang akan difoto yang meliputi background maupun gerak dari hewan tersebut. Semoga, tips memotret hewan di kebun binatang ini bisa bermanfaat.