Tips Memotret Dalam Ruangan Minim Cahaya

Sebagai seorang fotografer yang mungkin masih belajar, sangat penting untuk belajar dan memahami tips memotret dalam ruangan minim cahaya. Pasalnya, bisa dikatakan bahwa foto memotret dalam sebuah ruangan merupakan teknik fotografi mendasar yang tentunya harus dipahami oleh setiap fotografer. Namun, ternyata bagi fotografer pemula, kendala foto dalam ruangan terjadi saat ruangan minim cahaya. Nah, tentu tips memotret dalam ruangan minim cahaya ini wajib dipahami.

Tips Memotret Dalam Ruangan Minim Cahaya

Di satu sisi, tips memotret dalam ruangan minim cahaya ini pun bisa dikatakan merupakan aktivitas fotografi yang cukup sulit meski terbilang sepele jika dibandingkan dengan obyek di luar ruangan. Apalagi, jika dalam ruangan tersebut kondisinya sangat minim cahaya atau gelap. Sehingga, tak salah jika kawan-kawan mengikuti beberapa tips memotret dalam ruangan minim cahaya yang tersaji di bawah ini.

Untuk perlu diketahui, berikut beberapa tips memotret dalam ruangan minim cahaya :

  1. Salah satu tips memotret dalam ruangan minim cahaya yaitu hindari penggunaan flash. Memang, dalam ruangan yang minim cahaya, tentu dibutuhkan suplai sumber cahaya, namun di sini flash bukan solusi. Sebab, cahaya flash biasanya membuat hasil foto terlihat kurang menarik atau flat.
  2. Nah, dalam kaitannya pencahayaan di ruangan yang minim cahaya, sobat bisa memanfaatkan sumber cahaya alami di ruangan tersebut. Dalam hal ini, kawan-kawan bisa dengan membuka pintu atau jendela. Pasalnya, cahaya yang dihasilkan dari jendela atau pintu yang menyinari dalam ruangan justru akan jauh lebih bagus dan tampak natural dibandingkan dari flash. Tentu saja, hal ini merupakan tips memotret dalam ruangan minim cahaya yang tak banyak diketahui orang lain.
  3. Selain itu, tips memotret dalam ruangan minim cahaya ini sangat dianjurkan menggunakan pengaturan manual focus. Sebab, jika fitur autofocus dihidupkan pada saat akan memotret obyek dalam ruangan yang minim cahaya maka autofokus tidak bekerja dengan baik sehingga foto yang dihasilkan menjadi blur, bukan karena goyang tapi karena tidak fokus.

Jika kita melihat tips memotret dalam ruangan minim cahaya di atas, tampaknya memang terlihat sangat mudah. Di mana, dalam hal ini fokusnya terletak pada bagaimana mendapatkan pencahayaan yang lebih natural dan fokus foto yang disesuaikan sendiri. Tentu saja, tips memotret dalam ruangan minim cahaya di atas akan sangat bermanfaat buat kawan-kawan jika dilakukan dengan tepat dan benar.