Tips Fotografer Profesional

Anda memiliki hobi fotografi ? atau Anda merupakan pemula? Ingin menciptakan foto seperti yang dihasilkan oleh fotografer professional? Tak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan hasil foto dengan kualitas seperti fotografer professional dengan tips dari DIY Kamera berikut ini.

Tips Fotografer Profesional

  1. Jika ingin memotret manusia, gunakan Mode Aperture Priority

Jika Anda ingin memotret manusia yang sedang berdiri atau dalam keadaan portrait, gunakanlah bukaan lebar atau nilai aperture kecil agar tetap fokus pada manusia yang difoto dan background dapat blur.

  1. Jika memotret landscape, potretlah di saat Golden Moment atau Blue Hour

Jika kalian ingin memotret lansekap seperti pegunungan, hutan, perkotaan, Anda harus mengetahui waktu yang pas untuk membidik lansekap tersebut. Waktu yang pas tersebut biasa disebut dengan Golden Moment atau Blue Hour. Golden Moment tersebut ada dua macam, yakni saat sore menjelang malam dan pagi hari. Tunggulah hingga sinar matahari dan cahaya dari lansekap tersebut setara, kemudian bidiklah objek tersebut. Golden moment ini biasanya hanya terjadi dalam beberapa menit saja sehingga Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

  1. Gunakan aplikasi smartphone agar lebih keren

Apabila Anda lebih suka memotret dengan kamera smartphone, dibandingkan dengan kamera DSLR karena bobotnya yang ringan, tentunya Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi bawaan kamera smartphone Anda tersebut atau aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi ini tentunya akan membuat foto Anda terlihat menarik dengan beragam fitur yang ditawarkannya seperti filter, dan fitur editing lainnya.

  1. Gunakan Burst Mode untuk memotret dengan gerakan yang cepat

Jika Anda ingin memotret event olahraga, seperti balap motor, lari, sepak bola dan sebagainya, Anda dapat menggunakan Burst Mode. Burst Mode ini dapat digunakan untuk membidik objek yang bergerak cepat sehingga objek yang Anda bidik dapat terlihat fokus.

  1. Ambil foto bayangan atau siluet

Sesekali foto lah sebuah objek dengan mode bayangan atau biasa disebut siluet. Untuk dapat memotret siluet, ambillah gambar benda yang ada di depan sumber cahaya, kemudian arahkan kamera ke bagain yang terang namun bukan sumber cahaya. Tekan setengah tombol jepret kamera Anda untuk melihat ekposurnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Pastinya foto Anda akan terlihat lebih menarik layaknya seorang fotografer professional. Selamat mencoba.