Pilihan Mode Fokus Kamera DSLR Canon

Untuk mendapatkan hasil gambar yang tajam maka diperlukan fokus yang tepat, jika tidak maka gambar yang dihasilkan akan blur atau kabur. Maka dari itu penyesuaian fokus pada kamera sangat penting. Cara untuk mendapatkan fokus cukuplah mudah, kamu hanya cukup menekan setengah tombol shutter kemudian secara otomatis fokus akan mendapatkan sasaran objek yang ingin dijepret.

Kamera DSLR biasanya memiliki pengaturan fokus untuk mendapatkan objek yang diinginkan terfokus secara jelas. Pengaturan fokus pada kamera DSLR biasanya terdapat dua macam cara yaitu auto dan manual. Autofokus merupakan cara yang paling cepat untuk mendapatkan fokus pada kamera dan bisa bekerja secara otomatis. Sedangkan cara manual, kita harus mengatur fokus pada lensa dengan tangan kita sampai fokus objek tepat sasaran.

Pilihan Mode Fokus Kamera DSLR Canon

Kali ini, pembahasan yang akan diulas adalah mode fokus pada kamera DSLR Canon. Pada kamera Canon terdapat 3 mode autofokus dan satu manual. Berikut 3 mode autofocus dan penjelasan manual pada DSLR Canon:

  1. One Shot AF Mode

Mode ini sangat sering digunakan oleh pengguna Canon karena terbilang lebih praktis dan cepat digunakan. Biasanya mode auto focus ini digunakan untuk memotret pada benda diam karena pengaturan fokus sudah jelas dan tidak bergerak ke benda lainnya. Maka dari itu, jika kita memotret pada benda bergerak sedangkan sudah memencet tombol shutter ketika [ada mode ini, hasilnya justru kamera tidak fokus dan hasilnya akan blur atau buram.

  1. Al Servo AF Mode

Pada mode autofocus ini biasanya banyak digunakan untuk memotret ketika orang sedang bersepeda, olahraga, berjalan atau benda bergerak lainnya. Karena mode Al Servo AF digunakan untuk memotret objek yang bergerak dengan jarak fokus yang tidak ditentukan.

  1. Al Focus AF Mode

Mode autofocus ini bisa digunakan untuk segala kondisi objek yang akan dijepret, baik itu diam atau bergerak. Apabila benda tersebut hanya diam, maka mode ini akan dengan otomatis menggunakan mode one shoot AF begitupun sebaliknya.

  1. Mode Manual

Fokus dengan mode manual cukup kamu hanya menggeser mode AF ke M yang ada di bagian lensa. Biasanya mode manual digunakan apabila penggunaan mode autofocus sulit untuk didapatkan. Pada umumnya untuk mode manual banyak digunakan untuk hasil foto landscape atau digunakan untuk memotret pemandangan alam.