Pengertian GN (Guide Number) pada Flash

Berbicara mengenai kamera yang dilengkapi flash, tentunya tak akan lepas dari yang namanya pengertian GN (Guide Number) pada flash. Terkait hal tersebut, perlu untuk dipahami terlebih dahulu bahwa GN (Guide Number) di sini berarti sebuah angka yang menunjukkan kemampuan jangkauan maksimum pancaran cahaya pada flash atau lampu kilat dari sebuah kamera. Sehingga, secara logika pun bisa dikatakan bahwa semakin tinggi angka GN dari sebuah flash maka tentu saja jangkauan jarak cahaya kilat tersebut akan semakin jauh dan lebar. Tentu saja, dari pengertian GN (Guide Number) pada flash tersebut setidaknya teman-teman memiliki gambaran apa itu GN pada sebuah kamera.

Pengertian GN (Guide Number) Pada Flash

Di lain sisi, kaitannya dengan topik mengenai pengertian GN (Guide Number) pada flash ini, Guide Number (GN) pada flash kamera sendiri memang sebelumnya sudah ditentukan oleh produsen atau pabrik dari flash itu sendiri yang sudah diuji dan didasarkan atas daya pancar sinar yang tepat pada obyek di mana sebelumnya sudah diukur dengan diafragma. Maka dari itu, dengan kita mengetahui dan memahami Guide Number pastinya kita akan sanggup menghitung jarak subyek yang optimal atau bukaan yang dibutuhkan. Tentu saja, meski terbilang sepele namun dengan kita memahami pengertian GN (Guide Number) pada flash pastinya kawan-kawan akan lebih bisa memperhitungkan penggunaan kamera saat akan membidik obyek dengan menggunakan flash.

Di samping itu, dalam pengertian GN (Guide Number) pada flash ini pun juga memiliki ukuran jarak atau perhitungan jangkauan sendiri. Di mana, pada saat eksposur terbaik didapatkan oleh obyek dari pencahayaan maka ada rumus untuk mengukur eksposur tersebut. Rumus tersebut yaitu GN = Aperture x Jarak obyek ke flash dengan catatan kondisi standar pada ISO berukuran 100.

Nah, tentu saja dengan dasar perhitungan rumus dari pengertian GN (Guide Number) pada flash tersebut, bisa dipastikan kawan-kawan juga bisa menentukan jarak ideal antara obyek dengan flash, Bahkan, penentuan jarak ideal ke obyek dengan flash dan nilai aperture pun bisa dihitung menggunakan rumus Jarak obyek ke flash = GN / Aperture. Sedangkan, Aperture = GN / Jarak obyek ke flash. Nah, dengan demikian maka bisa dikatakan bahwa pengertian GN (Guide Number) pada flash perlu untuk dipahami bagi sobat yang ingin menyelam dalam dunia fotografi.