Elemen Komposisi dalam Fotografi

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam dunia fotografi maupun desain, dikenal enam elemen penting yang menyusun komposisi. Keenam komposisi tersebut adalah garis (line), bentuk (shape), wujud (form), tekstur (texture), pola (pattern), dan warna (color). Pada kesempatan kali ini, DIY Kamera akan mengupas elemen tersebut satu persatu.

Elemen Komposisi Dalam Fotografi

  1. Garis

Dari keenam elemen yang disebutkan di atas, garis merupakan elemen terpenting karena tanpa adanya garis, maka tidak akan ada bentuk, dan tanpa ada bentuk, maka tidak akan ada wujud. Tanpa garis serta bentuk, maka tidak akan ada pola. Di kehidupan sehari-hari, kita sering melihat elemen ini seperti horizon (garis cakrawala), alur sungai, garis pantai, pematang sawah, jalan, rel kereta api, tangga, dan sebagainya. Pada dasarnya, garis dibagi menjadi empat jenis, yaitu horizontal, vertikal, diagonal, dan lengkung.

  1. Bentuk

Bentuk bersifat lebih fundamental dibanding elemen lainnya. Pada prinsipnya, bentuk memberikan foto Anda sebuah identitas yang jelas, sehingga orang yang melihat tidak perlu menebak-nebak. Implementasi lebih jauh, bentuk geometri juga bisa Anda gunakan sebagai patokan dalam menyusun beberapa obyek dalam foto sehingga akan terlihat lebih dinamis dan tertata.

  1. Wujud

Elemen wujud ini pada dasarnya merupakan tiga dimensi dari elemen bentuk (shape). Elemen wujud adalah ketika kita melihat tiga dimensi dari objek dalam gambar dan elemen tersebut, sehingga akan memberikan kedalaman fokus dari gambar. Seperti contohnya, bentuk sebuah jeruk terlihat seperti bola (3 dimensi) dan bukan seperti sebuah piringan (2 dimensi). Untuk menekankan bentuk subyek dalam fotografi, penggunaan cahaya dan bayangan sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Tekstur

Tekstur yaitu tatanan yang memberikan kesan tentang keadaan permukaan suatu benda, yakni antara lain halus, kasar, beraturan, tidak beraturan, tajam, lembut, dan sebagainya. Tekstur akan tampak dari gelap terang atau bayangan dan kontras yang timbul dari pencahayaan pada saat pemotretan.

  1. Pola

Pola adalah elemen grafis yang berulang-ulang tampil dalam frame. Pengulangannya bisa berupa pengulangan garis, bentuk, warna, atau objek, baik secara teratur atau acak. Banyak kita jumpai pola yang ada di sekitar kita. Kumpulan pola yang sama sering kita lihat pada jendela-jendela, tangga, atau pola pada sebuah daun. Kadang-kadang obyek yang paling sederhana pun dapat tampil menarik berkat adanya pola ini.

  1. Warna

Warna akan memberikan kesan yang elegan dan dinamis pada sebuah foto apabila dikomposisikan dengan baik. Kadang kala komposisi warna dapat pula memberikan kesan anggun serta mampu memunculkan mood color dengan sempurna atau keserasian warna-warni dari sebuah foto yang menonjolkan unsur keindahan.